Struktur Data - Graph

Graph merupakan struktur data yang paling umum. Jika struktur linear memungkinkan pendefinisian keterhubungan sikuensial antara entitas data,struktur graph memungkinkan pendefinisian keterhubungan tak terbatas antara entitas data.


Banyak entitas-entitas data dalam masalah-masalah nyata secara alamiah memiliki keterhubungan langsung (adjacency) secara tak terbatas demikian. Contoh: informasi topologi dan jarak antar kota-kota di pulau Jawa. Dalam masalah ini kota x bisa berhubungan langsung dengan hanya satu atau lima kota lainnya. Untuk memeriksa keterhubungan dan jarak tidak langsung antara dua kota dapat diperoleh berdasarkan data keterhubungan-keterhubungan langsung dari kota-kota lainnya yang memperantarainya.Struktur data graph secara eksplisit menyatakan keterhubungan ini sehingga pencariannya langsung (straightforward) dilakukan pada strukturnya sendiri.

Operasi pada struktur data graph antara lain : Add vertex(Menambahkan simpul),Add Edge(Menambahkan link (edge) antara dua vertex,Display Vertex(menampilkan vertex).


Sumber :

https://rantererung.id/struktur-data-graph/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

sajak sunda : KEAN SANTANG

sajak sunda : SANGKURIANG

cara membawa dan merawat mikroskop